Selenggarakan Uji Kompetensi, TUK D3 Sistem Informasi di verifikasi oleh Verifikator

Verifikasi TUK D3 Sistem Informasi oleh tim verifikator LSP P1 Universitas Muhammadiyah Metro

UM Metro (24/9/2021) – Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak 1 (LSP P1) Universitas Muhammadiyah Metro hari ini (Jum’at, 24 September 2021) telah melakukan verifikasi TUK D3 sistem informasi Fakultas Ilmu Komputer Kampus 3 Universitas Muhammadiyah Metro. Verifikasi TUK sewaktu ini dilakukan oleh Tim Verifikator utusan dari LSP P1 Universitas Muhammadiyah Metro, yang terdiri dari Lead Verifikator Elmira Febri Damayanti,M.A.B. dan anggota verifikator Nindi Ika Wulandari,S.Pd.

TUK (tempat uji kompetensi) adalah tempat kerja atau tempat lain yang menyediakan fasilitas pelaksanaan uji
kompetensi, yang telah diverifikasi oleh TUK terverifikasi. Verifikasi TUK adalah kegiatan penilaian yang dilakukan oleh TUK terhadap TUK untuk memastikan bahwa TUK memenuhi persyaratan yang ditetapkan untuk digunakan dalam kegiatan uji kompetensi. Adapun persyaratan TUK Sewaktu D3 Sistem Informasiadalah sebagai berikut :

  1. Operasional TUK mengacu pada Pedoman BNSP 206 (Peraturan BNSP No.5/2014).
  2. Pengakuan untuk TUK diberikan oleh LSP, setelah dilakukan verifikasi sesuai dengan pedoman BNSP dan persyaratan yang dikeluarkan oleh LSP.
  3. Surveilan verifikasi TUK dilakukan oleh LSP setiap akan diadakan uji kompetensi.

Sebelum melakukan verifikasi di TUK , LSP memastikan bahwa tim verifikasi dibekali dokumen kriteria yang memadai,  rekaman  pelaksanaan  verifikasi    sebelumnya,  dan  dokumen serta rekaman lain yang relevan tentang  TUK yang akan diases. Tim verifikasi melakukan tinjauan terhadap semua dokumen dan rekaman yang relevan yang diberikan TUK untuk dinilai kecukupannya terhadap standar dan persyaratan verifikasiyang kemudian Verifikasi  lapangan  akan  dilakukan  bila  dokumen  dan  rekaman  dinilai sudah cukup memenuhi standar dan persyaratan verifikasi. Bila dokumen dan  rekaman  dinilai  belum  cukup  memenuhi  standar  dan  persyaratan maka informasi ketidak cukupan tersebut disampaikan kepada TUK dan TUK diberi kesempatan untuk melengkapi kecukupannya.

Tim verifikasi    memulai    verifikasi lapangan    dengan pertemuan pembukaan untuk menjelaskan   tujuan  verifikasi dan kriteria verifikasi, serta melakukan konfirmasi tentang jadwal dan ruang lingkup verifikasi. Tim verifikasi  melaksanakan penilaian terhadap kesesuaian sistem mutu dan  pemenuhan  persyaratan  TUK  untuk  mengumpulkan  bukti  objektif yang menunjukkan bahwa TUK kompeten dan bekerja sesuai standar dan persyaratan verifikasi.

Sebagai tahap akhir verifikasi lapangan dilakukan:

Pertemuan  penutupan  antara  tim  verifikasi  dan  TUK   dimana  tim menyampaikan laporan verifikasi dan LKS terkait temuan yang didapat dari   verifikasi   dan   analisisnya.   TUK   diberi   kesempatan   bertanya terhadap temuan tersebut.

TUK diberi kesempatan menanggapi  laporan verifikasi  dan LKS, serta menjelaskan tindakan yang akan diambil untuk memperbaiki ketidaksesuaian. Namun, pada saat proses Verifikasi TUK sewaktu D3 Sistem Informasi tidak ditemukan NCR, yang kemudian LSP dapat mengambil keputusan untuk memberi atau tidak memberi verifikasi berdasarkan evaluasi semua informasi yang diterima dan informasi lainnya yang relevan.

Berdasarkan hasil verifikasi tersebut maka LSP memutuskan untuk memberikan verifikasi, LSPmenerbitkan surat keputusan verifikasi dan/atau sertifikat verifikasi bagi TUK tersebut,disertai    dengan    lampiran    rincian    ruang    lingkup   skema asesmen kompetensi dan layak digunakan untuk Uji Kompetensi (Nindi)