LSP P1 UM Metro Melakukan Pendampingan ke SMK

UM Metro – Lembaga Sertifikasi Profesi Pihak Satu (LSP P1) Universitas Muhammadiyah Metro mengadakan kunjungan ke berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Lampung Selatan Jumat, (17/9/2021). Kunjungan ini dalam rangka menjalin kerjasama dan melakukan pendampingan bagi SMK untuk mendirikan LSP.

Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) adalah lembaga pelaksana kegiatan kompetensi kerja yang mendapatkan lisensi dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Ketua BNSP, Sumarna F. Abdurahman mengatakan, konsep LSP sudah ada seiring dengan keberadaan BNSP sebagai perpanjangan tangan dari BNSP dalam melaksanakan sertifikasi profesi atau sertifikasi kompetensi.

Dengan adanya LSP di SMK, maka sekolah tersebut dapat menguji dan mengeluarkan Sertifikat Kompetensi berlisensi BNSP untuk peserta didiknya. Selanjutnya, Sertifikat Kompetensi yang dimiliki lulusan SMK itu bisa diakui dunia usaha dan dunia industri (DUDI) dalam proses rekrutmen tenaga kerja terampil.

Dilansir dari laman kemdikbud, bahwa SMK yang sudah menjadi LSP P1 ditetapkan BNSP dengan beberapa kriteria. Pertama, SMK tersebut harus sudah terakreditasi. Kedua, sudah menerapkan kurikulum yang berbasis pada standar kompetensi. Ketiga, harus memiliki tenaga asesor, yaitu seseorang yang memiliki kualifikasi untuk melaksanakan asesmen dalam rangka asesmen manajemen mutu dalam sistem lisensi Lembaga Sertifikasi Profesi.

Mendapat sambutan hangat, Ketua LSP P1 UM Metro Bapak Lukito Dwi Yuwono, S.T., M.T bersama tim melakukan kunjungan ke 2 SMK di Lampung Selatan, SMK N 1 Merbau dan SMK N 1 Sidomulyo menghasilkan kesepakatan kerjasama LSP P1 UM Metro dengan LSP di SMK. Menurutnya, Pembentukan LSP tersebut menjadi salah satu wujud implementasi dari Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Revitalisasi SMK dalam Rangka Peningkatan Kualitas dan Daya Saing SDM Indonesia.

Sehingga lulusan SMK memiliki lulusan yang berkompeten dengan Sertifikasi komptensi di bidangnya dan siap untuk bekerja di dunia industri. (desbud)