Persiapan Uji Kompetensi Universitas Muhammadiyah Metro 2021

Uji Kompetensi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro 2021
LSP P1 Universitas Muhammadiyah Metro

Setelah LSP P1 UM Metro saat ini terlisensi BNSP , menjadi tugas LSP untuk melaksanakan Uji Kompetensi bagi mahasiswa UM Metro. Upaya ini terus menerus dilakukan dengan cara membentuk ekosistem yang baik di UM Metro diantaranya membentuk TUK, mencetak asesor, mencetak SDM kompeten, menjalin kerjasama dengan pihak terkait dengan berbagai cara sehingga ekosistem diharapkan dapat terbentuk dan pada akhirrnya bersinergi. Hal ini juga secara tidak langsung meng up grade dosen dalam kompetensi teknis yang dimiliki melalui ujian kompetensi yang di ikutinya sekaligus update kemampuannya. Selain itu sertifikat kompetensi yang dimilliki dosen menjadi nilai tambah dalam JJA dosen.

Melalui sertifikasi profesi bagi mahasiswa UM Metro maka sertifikat kompetensi yang menjadi hak mahasiswa sesuai dengan Permendikbud No.3 Tahun 2020 mendukung mahasiswa yang nantinya saat lulus dapat berkompetisi serta mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai dengan kompetensi yang dimilikinya.

LSP P1 UM metro berencana mengadakan Ujian Kompetensi Teknis di tahun 2021 ini dengan skema yang diujikan meliputi Skema sertifikasi kompetensi klaster pendamping kewirausahaan, skema sertifikasi kompetensi okupasi akuntansi yunior, skema sertifikasi okupasi mesin pengkondiri udara dan skema sertifikasi kompetensi okupasi operator komputer muda.

LSP P1 UM Metro telah membuat skema yang dapat di ikuti oleh seluruh mahasiswa UM Metro di berbagai prodi karena bersifat umum., yaitu skema sertifikasi pendamping Kewirausahaan dan Operator Komputer Muda. Hal ini untuk membekali mahasiswa saat lulus dalam memenuhi syarat administrasi lowongan kerja yang kebanyakan mensyaratkan pelamar mampu mengoperasikan komputer, atau pelamar mampu membuat laporan usaha.

Rektor Universitas Muhammadiyah Metro BapakJazim Ahmad telah membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi P1 di Universitas Muhammadiyah Metro melalui Surat Keputusan Nomor : 566/11.3.AU/A/KEP/UMM/2019, selanjutnya LSP P1 Universitas Muhammadiyah Metro berupaya mendapatkan legitimasi negara untuk dapat menyelenggarakan Uji Kompetensi kepada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Metro dengan cara memenuhi semua syarat dari BNSP sehingga LSP terlisensi oleh BNSP. (